DIVISI KURIKULUM

STRUKTUR KELEMBAGAAN DIVISI KURIKULUM TAHUN 2006/2007 Keterangan: Garis Intruksi Garis Koordinasi/Konsultasi

Thursday, August 31, 2006

TUGAS WALI KELAS

SMA Xaverius 1
   Palembang


DESKRIPSI TUGAS WALI KELAS
TAHUN 2005-2006



  1. Mengetahui jumlah anak didik;
  2. Mengetahui nama-nama anak didik;
  3. Mengetahui identitas anak didik, antara lain dengan cara memanggil seorang demi seorang untuk menyesuaikan data pribadi anak didik dengan keadaan yang sebenarnya;
  4. Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari di kelas;
  5. Mewakili orang tua siswa dalam lingkungan sekolah;
  6. Membina kepribadian dan budi pekerti anak didik;
  7. Membantu dalam pengembangan kecerdasan anakdidik;
  8. Membantu pengembangan keterampilan anak didik;
  9. Membantu dalam pengembangan religi, emosi, dan sosial anak didik;
  10. Mengetahui masalah-masalah anak didik (masalah kesulitan dalam pengembangan kompetensi, sosial, pribadi, ekonomi, dan lain-lain);
  11. Mengadakan pengamatan tentang pengembangan aspek kepribadian: karakter perilaku, kerajinan, dan kerapian, serta membuat catatan secara berkelanjutan;
  12. Memberi penilaian kepribadian dengan bijak sesuai dengan fakta yang digunakan sebagai data berdasarkan kriteria normatif tertentu, antara lain dari Kesiswaan;
  13. Mengambil tindakan untuk mengatasi masalah anak didik secara bijak, dewasa, dan sabar;
  14. Membina suasana kekeluargaan dengan anak didik;
  15. Memperhatikan kesehatan dan kondisi kesejahteraan anak didik;
  16. Menyampaikan hasil pengembangan kompetensi anak didik kepada orang tua/wali dengan bahasa santun, didaktis, proaktif, persuasif, namun objektif;
  17. Membina komunikasi dengan anak didik maupun orang tua/wali sebagai realisasi bentuk perhatian;
  18. Akrab dengan anak didik dan keluarga, namun tetap menjaga wibawa dan jarak;
  19. Menjalankan fungsi adiministratif sebagai bentuk pelaporan hasil belajar anak didik dengan cermat dan teliti kepada orang tua/wali murid dan Kepala Sekolah, dalam waktu tengah semester dan semester.




Palembang, Juli 2006



 

0 Comments:

Post a Comment

<< Home